Nathania

Student

Grade 12

Blogger

Personal Blog

Selasa, 14 Juli 2020

Sharing is Caring 💜

    Haiii semuanyaa
kita ketemu lagi yah untuk kedua kalinya. Sebelumnya aku mau berterima kasih buat kalian yang sudah mau baca blog kali ini yah. Hari ini aku mau ceritain nih apa yang bisa aku dapat dari Home Learning kali ini di pelajaran Bahasa Indonesia. Aku mau share ini supaya kita bisa sama-sama belajar hal baru yah. Jadi hari ini aku ada pelajaran Bahasa Indonesia, pelajaran kali ini adalah pelajaran pertama Bahasa Indonesia di tahun ajaran baru  2020/2021. Tadi guru aku, menjelaskan beberapa point yang menurut aku sangat penting buat kita semua. Lalu guru aku udah jelasin semuanya, mulai dari penjelasan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Disini aku mau kasih tau kalian kesimpulan dari penjelasan guru mengenai Bahasa Indonesia yang baik dan benar yah secara singkat, jelas, dan padat agar kalian lebih mudah mengerti.
     Jadi penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar itu adalah ketika kita sebagai pembicara atau yang berbicara bisa menyesuaikan kondisi dan situasi terhadap lawan bicara  penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dapat dikatakan apabila disesuaikan dengan konteks yang ada.
    Apa sih maksudnya?? Aku akan kasih kalian contoh. Jadi misalnya ada si A yang sudah berteman akrab sekali dengan si B. Suatu hari mereka pergi bersama dan tiba - tiba si A sedang kesusahan.
    A : " B boleh tidak aku meminta  tolong kepada kamu? "
    B : " Oh tentu saja boleh. "

      Nah percakapan diatas itu tidak termasuk penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Coba kita  kembali lagi terhadap penjelasan yang tadi aku sudah jelaskan, yaitu penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dapat dikatakan apabila sesuai  dengan "konteks". Coba kita lihat kata-kata konteks. Apakah percakapan itu sesuai dengan konteks? Tentu saja tidak. Kenapa???  Mari kita baca kembali konteksnya,karena dalam konteksnya tertulis bahwa si A dan si B sudah berteman sangat akrab, dan pasti bahasa yang mereka gunakan, tidak menggunakan bahasa seperti itu. Pasti mereka menggunakan bahasa sehari-hari karena memang mereka berdua sudah sangat akrab. Jadi inti dari semuanya yaitu kita untuk menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, kita harus menyesuakan dengan kondisi, situasi, maupun konteks yang ada. 
    Mungkin sekian dulu yang bisa aku share kali ini. Semoga cerita aku hari ini bisa membantu,bermanfaat dan dimengerti sama kalian, dan kita bisa sama-sama terus maju yahh...yeyyyy!!! Oh iya, kalo kalian mau share sesuatu bisa contact aku yahh :) Terus senyum dan bertumbuh kearah yang lebih maju. Bersama kita pasti bisa !!! Sampai ketemu di blog aku berikutnya.. hahahahaa... dadaahhhh🙌🙌🙌🙌🙌 ❤

Seorang siswi yang sedang belajar menulis personal blog.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Me

Adress/Street

Taman Palem Lestari Blok F6 No 21-23

Phone number

+(12) 3456 789

Website

https://nathhere.blogspot.com/